MI Islamiyah Pulak Segeran Melepas 28 Peserta Didiknya di Tahun Pelajaran 2022/2023

Sabtu, 24 Juni 2023, di tahun kedua setelah vakum tujuh angkatan disebabkan atas datangnya tamu agung, bulan suci ramadan dan pembatasan kegiatan pada wabah covid 19, Yayaysan Haji Sulaiman MI Islamiyah Pulak Segeran kembali menyelenggerakan haflah akhirussanah tahun pelajaran 2022/2023. sedikit berbeda dengan tahun pelajaran 2021/2022 haflah akhirussanah di tahun pelajaran ini dibubuhi dengan pentas seni pada malam harinya. adapun rangkaian agenda haflah tersebut terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi formal dan nonformal. Sesi formal diselenggarakan di siang hari berisi pelepasan siswa-siswi kelas VI (enam) tahun pelajaran 2022/2023. Alur rentetan acara pelepasan kelas VI (enam) MI Islamiyah Pulak Segeran di tahun pelajaran ini tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yakni dimulai dengan kegiatan pawai arak-arakan guna menyapa warga desa Segeran khususnya.

Pawai arak-arakan star dari halaman balai desa Segeran sebuah bentuk penghormatan kepada pemerintah desa Segeran, serasa istimewa pasalnya beberapa perangkat desa berperan serta dalam riuhnya keramaian pawai haflah akhirussanah tahun ini kepala desanya pun Bapak Gholib Munawar, S.H. menyempatkan hadir baik di acara siang hari ataupun malam harinya. Dengan diringi tim drumband SMP Plus NU Juntinyuat seperti memanggil secara broadcast kepada warga masyarakat Segeran agar berduyun-duyun datang untuk menyaksikan hiruk-pikuknya pawai hafalah akhirussanah yayasan Haji Sulaiman.

Setelah barisan tim drumband SMP Plus NU Juntinyuat disusul barisan becak-becak berhias milik anak-anak kelas VI (enam) yang tahun ini dilepas dengan balutan hiasan kreatifitas wali siswa kelas VI (enam) terlihat variatif sekali dan segar dipandang dalam barisan pawai haflah akhirussanah, menyusul barisan siswa-siswi kelas I (satu) sampai dengan kelas V (lima) MI Islamiyah Pulak Segeran didampingi para alumni yang kompak dan berperan aktif untuk menggawangi pesta tahunan peserta didik ini, tidak hanya di hari puncak haflah akhirussanah alumni MI Pulak Segeran sangat kontributif dalam suksesi acara ini seperti melatih tari tradisonal, tari menyambut siswa kelas VI, mendekorasi panggung, pernak-pernik pawai dan lain sebagainya. Kami lanjutkan ke bahasan pawai haflah, barisan berikutnya ialah para wali siswa yang tumpah ruah mengisi badan jalan untuk bersama-sama mewarnai keramaian pawai haflah akhirussanah yayasan Haji Sulaiman tahun 2023. 

Sekira pukul 08.55 WIB prosesi pelepasan kelas VI (enam) pun dimulai dibuka oleh master of ceremony yang juga merupakan alumni MI Pulak Segeran yakni saudari Milkiyah & Nichlatuzzaidah. siswa-siswa kelas VI (enam) disambut dan diantarkan oleh para penari tradsional untuk duduk di tempat mereka di ruang prosesi pelepasan (tari tradisional penyambut merupakan kontribusi alumni MI Pulak Segeran yang sekarang duduk di bangku MAN Karangampel-Indramayu bersama rekan-rekan sekelasnya dengan telaten & sabar melatih anak-anak MI Islamiyah pulak Segeran beberapa hari dari dua minggu sebelum hari H). album video tari penyambut peserta pelepasan.
Milkiyah (alumni angkatan 2014/15) & Nichlatuzzaidah (alumni angakatan 2012/2013)
baca juga teks MC pelepasan kelas VI (enam) T.P. 2022/2023
Setelah dbuka oleh MC, tari sambutan peserta pelepasan, diteruskan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan sari tilawah oleh siswa kelas V (lima) ananda Adam Al Rafi dan Deavani Nanda Putri. berlanjut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu kebanggaan warga madrasah ibtidaiyah yakni Mars MI yang didendangkan oleh tim paduan suara yang diisi oleh siswa-siswi kelas 4 & 6 MI Islamiyah Pulak Segeran. Rangkaian prosesi purna siswa kelas VI (enam) dilaksanakan dengan menyebutkan nama-nama pesertanya satu persatu dengan data diri para peserta sekaligus dipampangkan di layar foto data diri mereka, satu perasatu siswa kelas VI (enam) diberikan medali dan cindera mata kemudian naik ke panggung prosesi, siswa-siswi kelas VI (enam) menyampaikan lagu perpisahan yang berisikan isi hati mereka sebagai bentuk ucapan ribuan terimakasih dan jutaan kata permohonan maaf kepada guru-guru MI Islamiyah Pulak Segeran, pembacaan puisi (oleh Zahwa Hasna Syakira & Kamila) ditutup dengan pidato sambutan yang diwakili oleh Firyal Khoerunnisa. 
Kegiatan acara berikutnya adalah prosesi pelepasan kelas VI (enam) secara simbolis yang diwakili oleh Muh. Dwiky Prayunda & Ineza Nabilah Taufiq dengan diiringi tari tradisional topeng, ditampilkan dengan gemilang oleh siswi kelas II (dua) MI Islamiyah Pulak Segeran Andini Prameswari, perwakilan atas nama siswa-siswi kelas VI dilepas oleh ketua yayasan Haji Sulaiman Bapak Muadzom, S.Ag. setelahnya beliau menyuguhkan sepatah kata sebagai ucapan selamat kepada siswa-siswi kelas VI (enam) tahun pelajaran 2022/2023. 
Acara selanjutnya adalah prosesi yang mengandung bawang, prosesi sungkeman dengan orang tua / wali siswa kelas VI, siswa-siswi kelas VI (enam) bersimpuh dipangkuan ayah dan ibunya agar mereka mencurahkan untaian kata maaf kepada orang tuanya di masa akhir pendidikannya di madrasah ini. tentunya mengundang nuansa kesedihan dan mampu menguras air mata orang tua kelas VI dan sebagian besar para hadirin baik langsung atau mungkin yang menonton live streaming di youtube.
Rangakaian prosesi pelepasan kelas VI Tahun pelajaran 2022/2023 ditutup dengan sambutan-sambutan dimulai dari sambutan perwakilan wali siswa kelas VI yang disampaikan oleh Bapak Nurkholis, M.Pd. dan sambutan ketua yayasan Haji Sulaiman Bapak Muadzom, S.Ag. beliau menyampaikan amanat kepada seluruh siswa kelas VI agar terus bersemangat menuntut ilmu, terus mengembangkan minat dan bakat masing-masing menjaga nama baik alamamater MI Islamiyah Pulak Segeran dan terus menjalin silaturahmi kepada para guru MI Islamiyah Pulak Segeran sebagai bentuk Ta'dzim atau penghormatan dan bentuk upaya mencari keberkahan dari Allah Swt. beliau juga berwasiat kepada wali siswa kelas VI (enam) agar berhati-hati ketika melanjutkan jenjang pendidikan anak-anaknya beliau mengerucut pada agar tidak salah dalam memilih pondok pesantren jika anaknya dipondokkan ke pondok pesantren dan beliau menutup dengan mengajak wali siswa kelas VI supaya memberikan kebebasan kepada anak-anaknya memilih abilty, passion, minat & bakat anaknya untuk meraih kesuksesan mereka kelak. Di penghujung acara pelepasan siswa-siswi kelas VI (enam) tahun pelajaran 2022/2023 ialah pembacaan dan pemberian perhargaan kepada siswa-siswi berperstasi tahun pelajaran 2022/2023 dari kelas I (satu) sampai dengan kelas VI (enam), kemudian acara ditutup dan dilanjutkan dengan pembagian buku laporan hasil belajar. 
Acara pelepasan tahun pelajaran ini memang berbeda rasa sekali itu disebabkan ketidakhadiran Bapak Kepala Madrasah "Bapak H. Jaeni, M.Pd.I yang masih dalam mengikuti rangkaian ibadah haji bersama istri yakni Ibu wali kelas I (satu) Ibu Hj. Hafidzoh, S.Pd.I" tapi beliau berdua dalam sela-sela kesibukan rangkaian ibadah haji beliau berdua menyempatkan waktu kendati tidak lama menonton secara live streaming dan menuliskan ucapakan terimakasih banyak kepada semua pihak atas suksesi acara haflah akhirussanah di tahun pelajaran ini di kolom komentar youtube. 
Di Sabtu malam atau malam minggu adalah malam yang ditunggu-tunggu para siswa-siswi MI Islamiyah Pulak Segeran dan kedua orang tuanya betapa tidak, malam tersebut adalah malam dimana mereka diberikan panggung untuk mengangkat mentalitas mereka, panggung pentas seni yang memuat wadah kreatifitas mereka, wadah kreatifitas para alumni dan wali siswa karena setiap dari mereka memberikan sumbangsi berupa tarian, drama, humor, pantun dan lain sebagainya. 
Agar tidak penasaran silahkan kunjungi akun youtube MI Islamiyah Pulak Segeran. klik link berikut & jangan lupa dilike & disubscribe terimaksih ...
Penulis
Dev. Mulani
Reactions

Post a Comment

0 Comments