Teks latihan menghubungkan kalimat dengan kata sambung (karena, tetapi. ketika, setelah & jika)

Catatan : Syifa Aqillah F. :

 Karena

-Rani tidak bisa masuk ke sekolah (kalimat 1)

-Rani sedang sakit (kalimat 2)

-Rani tidak bisa masuk ke sekolah karena Rani sedang sakit.


Tetapi

-Nina rajin belajar (kalimat 1)

-Riska malas belajar (kalimat 2)

-Nina rajin belajar tetapi Riska malas belajar.


Ketika

-Ibuku segalanya bagi ku (kalimat 1)

-Aku meminta bantuan kepada ibuku,ibuku pasti membantuku  (kalimat 2)

-Ibuku segalanya bagi ku ketika aku meminta bantuan kepada ibuku,ibuku pasti menolong ku.


Setelah

-Aku selalu mencuci tangan ku (kalimat 1)

-Aku keluar rumah (kalimat 2)

-Aku selalu mencuci tangan ku setelah aku keluar rumah.


Jika

-Aku harus patuh kepada orangtua ku (kalimat 1)

-Orangtua ku meminta bantuan, (kalimat 2) maka aku harus membantunya (kalimat 3)

-Aku harus patuh  kepada orangtuaku jika orangtua ku meminta bantuan, maka aku harus membantunya


2. Catatan : Hikmah Mulianingsih 

Paman memanggil aku bolo-bolo. (kalimat 1)

Aku sangat gendut. (kalimat 2) 

  • Paman memanggil aku bolo-bolo karena aku sangat gendut

Fina selalu peduli kepada adiknya (kalimat 1) 

Adiknya sedang sakit dia selalu membantunya (kalimat 2) 

  • Fina selalu peduli kepada adiknya ketika adiknya sedang sakit dia selalu membantunya.

Sisi selalu membersihkan kamarnya (kalimat 1)

Cici malas membersihkan kamarnya (kalimat 2)

  • Sisi selalu membersihkan kamarnya tetapi Cici malas membersihkan kamarnya.

Rina memganti pakaiannya (kalimat 1) 

Rina pulang dari sekolah

  • Rina mengganti pakaianya setelah ia pulang dari sekolah.

Sahabat sejati selalu ada disampingku (kalimat 1) 

Aku kesusahan dia siap menolongku.(kalimat 2)

  • Sahabat selalu ada disampingku ketika aku kesusahan dia siap menolong ku.

Catatan: Irga Aditya 

Andi pulang sekolah ( kalimat 1 ) 
Andi di kejar anjing ( kalimat 2 )
  • Andi dikejar anjing ketika ia pulang sekolah 

Ahmad mengerjakan shalat     (kalimat 1) 
Ia selalu berdoa ( kalimat 2  )
  • Ahmad selalu berdoa setelah ia mengerjakan shalat

Farhan pandai bermain sepak bola ( kalimat 1 )
Ia rajin berlatih ( kalimat 2 )

  • Farhan pandai bermain sepak bola karena ia rajin berlatih 

Irga suka apel ( kalimat 1 )
Farhan tidak suka apel   ( kalimat 2 )
  • Irga suka apel tetapi Farhan tidak suka apel 

Kita harus menghormati orang tua ( kalimat 1 )
Kita ingin masuk syurga ( kalimat 2 )

  • Kita harus menghormati orang tua jika kita ingin masuk syurga

Catatan Alvi :

Karena
Kita harus menjalankan shalat ( kalimat1)
Shalat itu wajib bagi umat muslim ( kalimat2) 
  • Kita harus menjalankan shalat karena shalat itu wajib bagi umat muslim

Tetapi
Edo suka sekali bermain bola( kalimat1)
Renan adiknya tidak menyukai permainan bola( kalimat2)
  • Edo suka sekali permainan bola tetapi Renan adiknya tidak nenyukai permainan bola

Jika
Kita harus makan yang bergizi( kalimat1)
Ingin sehat( kalimat2)
  • Kita harus makan yang bergizi jika ingin sehat

Ketika
Ibu selalu ada di sampingku( kalimat1)
Aku belajar atau disaat aku sakit (kalimat 2) 
  • Ibu selalu ada disampingku ketika aku belajar atau disaat aku sakit
Setelah
Aku selalu mengaji ( kalimat1)
Aku menunaikan shalat fardu ( kalimat2)
  • Aku selalu  mengaji setelah aku menunaikan shalat fardu
Catatan Syafaah :

Dina rajin mengaji(kalimat 1)
Iis malas mengaji(kalimat2)
  • Dina rajin mengaji tetapi Iis malas mengaji
Adi pergi ke Jakarta (kalimat1)
Ia di undang ke Istana Presiden (kalimat2)
  • Adi pergi kejakarta karena ia diundang ke Istana Presiden
Ayu pergi ke pondok (kalimat 1)
Ayu keseremped motor (kalimat2)
  • Ayu keseremped motor ketika ayu pergi ke pondok

CATATAN: RUSDI

Karena.
Ibuku marah padaku (kalimat 1)
Aku tidak mau makan nasi (kalimat 2)
Ibuku marah padaku karena aku tidak suka nasi.

Tetapi
Rusdi suka buah (kalimat 1) 
Rusdi tidak suka sayur (kalimat 2)
Rusdi suka buah tetapi Rusdi tidak suka sayur
Ketika
Aku menemani adikku (kalimat 1)
Ibuku sedang bekerja. (kalimat 2)
Aku menemani adikku ketika ibuku bekerja. 

Setelah
Aku mencuci piring ( kalimat 1)
Aku selesai makan (kalimat 2)
Aku mencuci piring setelah aku selesai makan.

Jika
Aku harus rajin belajar (kalimat 1)
Aku ingin pintar (kalimat 2)
Aku harus rajin belajar jika ingin pintar.


Catatan Syifaurrahmah :

Tetapi
Bayu suka bermain layang-layang (kalimat 1)
Zaqi suka bermain kelereng (kalimat 2)
Bayu suka bermain layang - layang tetapi Zaqi suka bermain kelereng

Karena
Zaqi badanya gemuk (kalimat 1)
Zaqi suka makan banyak nasi (kalimat 2)
Zaqi badanya gemuk karena Zaqi suka makan banyak nasi

Setelah
Syifa beli eskrim di toko hj nus (kalimat 1)
Syifa pulang sekolah (kalimat 2)
Syifa beli es krim di toko Hj. Nus setelah Syifa pulang sekolah

Jika
Setiap hari Minggu syifa kerumah nenek (kalimat 1)
Mama pergi ke Tirtamaya (kalimat 2)
Setiap hari Minggu Syifa ke rumah nenek jika mama pergi ke Tirtamaya

Ketika
Mama sedang memasak (kalimat 1)
Syifa baru bangun tidur (kalimat 2)
Mama sedang memasak ketika Syifa baru bangun tidur


Catatan : Aulia Malihatunnisa

karena
- Siska tidak bisa ikut kerja kelompok (kalimat1)
- Siska ada acara keluarga (kalimat2)
- Siska tidak bisa ikut kerja kelompok karena ada acara keluarga

Tetapi
- Susi rajin bekerja ( kalimat1)
- Tini malas bekerja (kalimat 2)
- Susi rajin bekerja tetapi Tini malas bekerja 

Jika
- Kita harus jaga kebersihan (kalimat1)
- Kita ingin hidup sehat (kalimat2)
- Kita harus jaga kebersihan jika kita ingin hidup sehat

Setelah
- Aku selalu berdo'a (kalimat1)
- Aku melakukan sholat (kalimat 2)
- Aku selalu berdo'a setelah aku melakukan sholat


Catatan : Mita Sari

KARENA
- Muzza sangat gembira (kalimat 1)
- Muzza mendapatkan  peringkat 1 di perlombaan MTQ Bandung (kalimat 2)
- Muzza sangat gembira karena Muzza mendapatkan peringkat 1 di perlombaan MTQ Bandung

TETAPI
- Agna suka makan buah buahan (kalimat 1)
- Agna tidak suka makan Sayuran  (kalimat 2)
- Agna suka makan buah-buahan tetapi Agna tidak suka makan Sayuran

KETIKA
- Ibu ku selalu menemaniku (kalimat 1)
- Aku sedang Sakit (kalimat 2)
- Ibu ku selalu menemaniku Ketika Aku sedang sakit.

SETELAH
- Arya akan pergi ke toko buku (kalimat 1)
- Arya pulang dari sekolah (kalimat 2)
- Arya akan pergi ke toko buku setelah Arya pulang dari sekolah.

Jika
-Dinda akan diberi sepeda oleh ibunya (kalimat 1)
-Dinda mendapat peringkat 1 dikelasnya (kalimat 2)
-Dinda akan diberi sepeda oleh ibunya jika Dinda mendapatkan peringkat 1 di kelasnya.

Catatan Afizah :

Karena
Nita tidak naik kelas(kalimat 1
Malas belajar(kalimat2)
Nita tidak naik kelas karena malas belajar

Tetapi
Rumah itu besar (kalimat1)
Tidak terawat (kalimat 2)
Rumah itu besar tetapi tidak terawat

Ketika
Ibu selalu memasak (kalimat 1)
Aku lapar (kalimat 2)
Ibu selalu memasak ketika aku lapar

Setelah
Aku selalu mencuci tangan (kalimat 1)
Aku makan (kalimat 2)
Aku selalu mencuci tangan setelah aku makan

Jika
Saya akan naik kelas (kalimat 1)
Saya rajin belajar (kalimat 2)
Saya akan naik kelas jika saya rajin belajar

Catatan Nayla Rahmatul 'Izzah.  

1. Aku tidak berangkat mengaji. (kalimat 1)
Aku sedang sakit. (kalimat 2)
 
Aku tidak berangkat mengaji karena aku sedang sakit.

2. Adikku suka buah- buahan. (kalimat 1)
Aku tidak suka buah- buahan. (kalimat 2)

Adikku suka buah- buahan tetapi aku tidak suka buah-buahan.

3. Ahmad minum obat (kalimat 1)
Ia sedang sakit (kalimt 2)

Ahmad minum obat ketika ia sedang sakit.

4. Siska minum air putih. (kalimat 1)
Ia selesai makan.(kalimt2)

Siska minum air putih setelah ia selesai makan.

5. Aku periksa ke dokter gigi. (kalimat 1)
Aku sakit gigi. (kalimat2)

Aku periksa ke dokter gigi jika aku sakit gigi.

Catatan Jafari :

Susi suka sekali buah jeruk (kalimat 1)
Andi adikya tidak suka buah jeruk (kalimat 2)
Susi suka sekali buah jeruk tetapi Andi adikya tidak suka buah jeruk

Catatan Qivy Ulya :

Ibu sedang membuat kue (kalimat 1)
Adik akan berulang tahun (kalimat 2)
Ibu sedang membuat kue  karena Adik akan berulang tahun

Rina ingin menonton televisi (kalimat 1)
saluran listrik sedang padam (kalimat 2)
Rina ingin menonton televisi tetapi saluran listrik sedang padam

Ayah pergi ke kota(kalimat1)
Ayah selalu membawa oleh-oleh (kalimat2)
Jika Ayah pergi ke kota Ayah selalu membawa oleh-oleh

Elis akan tidur (kalimat 1)
Elis selesai belajar (kalimat 2)
Elis akan tidur setelah Elis selesai belajar

Ibu memasak di dapur (kalimat 1)
Saya selalu membantu Ibu (kalimat 2)
Ketika Ibu memasak di dapur saya selalu membantu Ibu

Reactions

Post a Comment

0 Comments