Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Bernyanyi Lagu Pembelajaran di SD/MI

Oleh. Dev. Mulani

Ruang Lingkup Pembelajaran Bahasa di SD/MI

Pembelajaran bahasa inggris di sekolah dasar mencakup empat ketrampilan yaitu speaking (berbicara), reading (membaca), listening (mendengarkan), writing (menulis). Penekanan pembelajaran berbicara mengenai ungkapan – ungkapan yang ada kaitannya dengan lingkungan siswa di rumah, di sekolah, dan di masyarakat.

Ruang lingkup pembelajaran muatan lokal bahasa inggris di sekolah meliputi ungkapan-ungkapan dan kalimat-kalimat sederhana mengenai benda di sekitar kita, di lingkungan keluarga, di lingkungan sekolah, di lingkungan geografis, dan komunikasi anak dengan lingkungan.

Berdasarkan pengalaman para guru bahasa Inggris dan menurut para ahli bahasa seperti yang dinyatakan oleh Abdulrahman Al-Faridi lagu-lagu berbahasa Inggris dapat membantu para guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan (Alfaridi, 2006).

Nyanyian dan musik digunakan sebagai teknik dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Musik yang memiliki berbagai kandungan elemen di dalamnya dapat dijadikan salah satu bentuk fasilitas untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak. Tinggi nada memberikan kesempatan kepada anak untuk melatih kepekaan pendengarannya. Perubahan-perubahan ritme atau irama musik melatih anak untuk membedakan irama internal (inner rhythm) serta kemampuan motoriknya (misalnya, jika dikombinasikan dengan latihan gerak sesuai dengan liriknya).

Berikut adalah fungsi dari lagu seperti yang dijelaskan oleh Montolalu et al (2008:3.23) :

1. Meningkatkan kreatifitas dan daya imajinasi.

Musik berperan sebagai stimulan setiap kali anda memerlukan peningkatan kreatifitas dalam kehidupan anda. Selain itu, penciptaan musik seperti penulisan sebuah lagu juga secara tidak langsung mengaplikasikan kecerdasan lainnya seperti kecerdasan linguistik, matematis, interpersonal dan intrapersonal.

2. Meningkatkan kecerdasan

Dengan mendengarkan nyanyian kita bisa meningkatkan kecerdasan dan prestasi anak di sekolah. Musik telah diperlihatkan secara langsung dan konsisten meningkatkan pemikiran matematis, khususnya keterampilan pemikiran abstrak pada anak-anak.

3. Meningkatkan daya ingat

Menyanyi dapat merangsang pikiran modern dan membantu meningkatkan daya ingat. Nyanyian merupakan salah satu cara penting untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi yaitu dengan dipotong menjadi bagian-bagian lebih kecil dan dinyanyikan.


Berikut adalah beberapa koleksi lagu pembelajaran bahasa Inggris yang disusun oleh penulis;
Reactions

Post a Comment

0 Comments