Penggunaan Flash Card dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

oleh. Dev. Mulani

Flash Card, Media flash card adalah media belajar dalam bentuk kartu bekonten gambar berukuran 20x40 cm atau lebih. Gambar yang dibuat bisa kita gambar sendiri (gambar karya kita) gambar yang kita foto dari obyek nyata atau yang paling ringan sambil berkopi hitam di atas meja komputer kita adalah gambar-gambar yang mudah kita dapatkan di internet.

Dalam penerapannya banyak sekali yang bisa kita lakukan di kelas atau di luar kelas.  Penggunaan flash card juga bisa dikolaborasikan degan metode pembelajaran yang lain dengan game tebak gambar, permainan tradisional, singing method dan sebagainya.

Pada setiap media pemberlajaran tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan berikut beberapa kelebihan dan kekurangan media pembelajaran flash card:

Media flash card memiliki kelebihan menurut Susilana, dan Riyana (2009: 95), menyatakan kelebihan dari media flash card terbagi menjadi, empat yaitu:
  1. Mudah dibawa Dengan ukuran yang kecil Flash Card dapat disimpan di atas bahkan di saku, sehingga tidak membutuhkan ruang yang luas, dapat digunakan di mana saja.
  2. Praktis Di lihat dari cara pembuatannya dan penggunaannya, media flash card sangat praktis, dalam mengunakan media ini guru tidak perlu memiliki keahlian khusus, media ini tidak perlu juga membutuhkan listrik. Jikanakan menggunakan kita tinggal menyusun urutan gambar sesuai dengan keinginan kita, pasti posisi gambarnya tepat tidak terbalik, dan jika sudah digunakan tinggal disimpan kembali dengan cara diikat atau menggunakan kotak khusussupaya tidak tercecer.
  3. Gampang Diingat Karakteristik media flash card adalah menyajikan pesan-pesan pendek pada setiap kartu yang disajikan. Misalnya mengenal huruf, mengenal angka, mengenal nama binatang dan sebagainya. Sajian pesan-pesan pendek ini akan memudahkan siswa untuk mengingat pesan tersebut. Kombinasi antara gambar dan teks cukup memudahkan siswa untuk mengenali konsep tersebut, untuk mengetahui nama sebuah benda dapat dibantu dengan gambarnya, begitu juga sebaliknya untuk mengetahui apa wujud sebuah benda atau konsep dengan melihat huruf atau teksnya.
  4. Menyenangkan Media flash card dalam penggunaannya bisa melalui permainan. Misalnya siswa secara berlomba-lomba mencari satu benda atau nama-nama tertentu dari flash card yang di simpan secara acak, dengan cara berlari siswa berlomba untuk mencari sesuai perintah, selain mengasah kemampuan kognitif juga melatih ketangkasan (fisik),
Berikut adalah video pembelajaran (beberapa penerapan media flash card) yang pernah penulis lakukan:


Dan link berikut, contoh flash card (siap cetak) : 
Reactions

Post a Comment

0 Comments