Sosialisasi Berkelanjutan Madrasah Digital

 


Selasa, 14 Maret 2023, Kementrian Agama Kabupaten Indramayu, membuka kegiatan sosialiasasi dan bimbingan tekhnis madrasah digital di ruang aula kantor kementerian agama kabupaten Indramayu yang dihadiri kepala MI dan RA sekabupaten Indramayu. kegiatan sosialisasi dan bimbingan tekhnis ini akan diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 14-17 Maret 2023 dan dilaksanakan dalam dua sesi setiap pertemuannya sesi pagi dan sesi siang sebab menimbang jumlah kepala madrasah dan Raudhatul Athfal di lingkungan kementrian kabupaten Indramayu sangat banyak pula dalam rangka mengefektifkan kegiatan tersebut.  
Di sesi kedua (kebetulan penulis mendapatkan jadwal sesi siang) kegiatan sosialisasi dan bimbingan tekhnis Madrasah Digital dibuka oleh Kasubag TU Kementrian Agama Kabupaten Indramayu Bapak H. AAN FATHUL ANWAR, SH. M.Pd.I, dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada hadirin yaitu kepala MI & RA sekabupaten Indramayu (sesi siang) pertama beliau menyampaikan izin atas ketidakhadiran bapak Kasi Pendidikan Madrasah Bapak Drs. H. ZAENAL ARIFIN, MA. tidak bisa mengikuti pembukaan acara dikarenakan tugas untuk hadir di kegiatan Kantor Wiliayah Kementrian Agama namun beliau Pak Kasi masih sempat hadir pada pembukaan acara ini di sesi pagi. 
Pak H. Aan menghibau kepada seluruh kepala MI & RA agar mampu mendigitalkan madrasah yang dinaunginya, seperti kegiatan-kegiatan pembelajaran di kelas atau di luar kelas, dan mendokumentasikannya di website atau blog madrasah atau RA masing-masing sehingga masyarakat bisa memantau atau mengamati kegiatan-kegiatan yang dirancang dan diterapkan, transparansi di era digital ini ihwal yang harus benar-benar kita lakukan sebab, siapapun mereka masyarakat sekarang semuanya memegang atau memiliki android dan media sosial dalam kesehariannya. beliau menambahkan sebelum membuka acara ini "Upaya dan kerja keras harus kita lakukan untuk kemajuan madrasah di era digital ini" kemudian beliau membuka acara sosialisasi dan bimtek madrasah digital tepat pada pukul 14.00 WIB. 

Kasubag TU Kementrian Agama Kabupaten Indramayu menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara

Bapak Mahfud (Pemateri Sosialsi & Bimtek Madrasah Digital)

Materi sosialisasi & bimbingan tekhnis madrasah digital disampaikan oleh Mahfud (PT Infra Digital Nusantara), beliau menyampaikan bahwa layanan digitalisasi di Madrasah akan memudahkan ihwal yang bersifat administratif seperti pendaftaran peserta didik baru secara online, pembayaran dan lain-lain.
Digitalisasi madrasah yang merasuk dalam kegiatan pembelajaran akan menciptakan pembelajaran yang menarik dan berwarna betapa tidak ini dikarenakan pembelajaran yang berbasis aplikasi akan ada banyak pilihan mempermudah pengembangan materi belajar, media pembelajaran variatif dan lain sebagainya. Yang kami kembangkan di IDN akan memudahkan sistem pembelajaran yang berbasis digital. beberapa fitur yang sedang dikembangkan saat ini adalah (portal digital) aplikasi_pelajar, yang bersifat administratif seperti Kep_Mad_Report dan Benifit (program logistik).
Materi terkahir disampaikan oleh programmer IDN Bapak Dimas Satriya, penulis hanya menulis inti yang beliau sampaikan, yaitu program yang dikembangkan oleh IDN seperti "webinar pendidik hebat", "pembuatan website gratis" dan domain ditanggung gratis oleh PT IDN.

Penulis.
Dev. Mulani
Reactions

Post a Comment

0 Comments