Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Indramayu Menggelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Rabu, 12 Juli 2023 bertempat di MAN 1 Jl. Sukarno Hatta No. 3 komplek mesjid Islamic Centre kabupaten Indramayu para Kepala & Guru MI Se-Indramayu bahkan ada beberapa Guru MTs turut hadir dalam kegiatan workshop implementasi kurikuklum merdeka atau disingkat IKM, acara dimulai sekira pukul 09.05 WIB kegiatan dibuka oleh moderator (bagian dari pantia acara) Bapak Takyadi, S.Pd.I dibubuhi dengan nuansa jembatan keberkahan Tuhan yakni pembacaan kalam ilahi oleh Ibu Farikhah, S.Pd.I (guru MIN 5 Indramayu) dalam sambutannya ketua pantia bapak Rachmat Sunnara, M.Pd. menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua hadirin peserta workshop Implementasi Kurikulum Merdeka yang akan diselenggarakan selama dua hari ini, yaitu di tanggal 12 dan 13 Juli 2023, sedikit beliau menceritakan awal konsep kegiatan workshop bahwasanya kegiatan ini adalah sarana belajar bersama, memulai dari nol, kita memulai dari awal untuk bersama memahami satu-persatu struktur dari semua bagian dari perangkat kurikulum merdeka, sebab realiata di lapangan kata beliau implementasi kurikulum merdeka di lingkungan kementerian agama kabupaten Indramayu khususnya di Madrasah Ibtidaiyah masih bersifat sebuah pilihan dimana sekolah yang sudah siap atau mampu dipersilahkan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka, saat kami menawarkan kegiatan workshop implementasi kurikulum merdeka ini melalui beberapa grup kepala madrasah antusias dari peserta (kepala & Guru Madrasah Ibtidiyah) sangat besar dan merespon positif, banyak sekali yang ingin mengikuti kegiatan workshop ini, saya bangga dan merasa bahagia sekali atas respon positif dari para peserta (kepala dan guru Madrasah Ibtidaiyah) terbukti hari ini, Rabu 12 Juli 2023 di aula MAN 1 Indramayu meludak dengan banyaknya peserta workshop. kemudian beliau menutup dengan harapan para peserta dapat mengikuti aksi belajar bersama implementasi kurikulum merdeka ini dengan baik dan sebagai bekal awal untuk diterapkan bersama di madrasah masing-masing.

Bapak Rachmat Sunnara, M.Pd. (ketua pelaksana workshop) menyampaikan sambutan

Workshop IKM dibuka secara resmi oleh kepala seksi kemenag  kabupaten Indramayu Bapak Zaenal Arifin, M.A, dalam sambutannya beliau banyak sekali memberikan analogi tentang perubahan yang lambat dan cepat, menarasikan tentang perjalanan dan perubahan kurikulum, sesekali beliau menceritakan pengalamannya menjadi guru dari semua yang beliau sampaikan saripatinya mengerucut dan bermuara pada kesiapan para guru-guru akan perubahan dan pengimplementasian kurikulum. 

Bapak Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kabupaten Indramayu (Bapak Zaenal Arifin, M.A.)

Setelah acara workshop dibuka oleh kepala seksi penmad kemenag kabupaten Indramayu acara workshop dimulai dengan materi workshop pertama yang disampaikan oleh Bapak Solehudin, S.Pd.I, M.Si. pemateri pertama yang juga menjabat sebagai pengawas madrasah di lingkungan kementrian agama kabupaten Indramayu ini memberikan panduan bagaimana mengembangkan kurikulum yang akan diimplementasikan di madrasah, mulai dari profile madrasah, keorganisasian, menganalisis kelemahan dan kekuatan madrasah, visi misi madrasah dan lain sebagainya. akan tetapi di hari pertama beliau hanya menyampaikan konsep atau petunjuk tertulisnya saja beliau berujar akan memfokuskan praktiknya untuk menyusun satu persatu dasar dari operasional kurikulum yang akan diimplementasikan di madrasah.

Bapak Solehudin, S.Pd.I, M.Si. saat menyampaikan materi workshop IKM
Pasca isoma (istirahat sholat dzuhur dan makan bersama) workshop dilanjutkan dengan materi kedua yang disampaikan oleh Bapak Uttomo, S.Pd. M.A.  beliau memulai dari berkenalan dengan peserta workshop mobilisasi beliau yang luar biasa menyapa dari baris satu ke baris dua dari satu meja ke meja lainnya sehingga mata peserta workshop yang sudah mulai sayu redup dibuat terbelalak oleh aksi beliau yang interaktif & atraktif. Semisal beliau mengajak kepada para peserta untuk menuturkan pengalaman mengajarnya diwakili oleh dua guru madrasah yang menuturkan pengalaman mengajarnya, ice breaking yang beliau pimpin juga memaksa mata peserta workshop terbuka dengan lebar sehingga kami peserta siap untuk mengikuti acara dengan join by all out, sepenuh hati lahir dan bathin. Tidak hanya saat membuka acara pemateri yang menjabat kepala sekolah menengah pertama dan masuk dalam tim pengembang kurikulum diknas kabupaten Indramayu ini dalam penyampaian materinya sangat interaktif; beliau memulai berbicara tentang tugas kita sebagai guru untuk mejadi penuntun dan pelayan anak, belajar dari filosofi pendidikan yang diajarkan bapak pendidikan nasional Bapak K. Hajar Dewantara, berdiferensiasi belajar, mengeksplorasi kemampuan, kecerdasan, minat dan bakat anak dan lain sebagainya. beliau menutup dengan mempersilahkan untuk beberapa guru merefleksikan pemikiran atau pendapatnya pada implementasi kurikulum merdeka juga tentang workshop IKM ini. materi workshop terangkum dalam link berikut; @materi_workshop_pak_uttomo

Bapak Uttomo, S.Pd. M.A,  dalam penyampaian materi refleksi kurikulum merdeka

Penulis mewakili peserta (guru-guru MI) mengucapkan banyak terimakasih kepada panitia penyelenggara workshop, selain menyediakan tempat representatif juga menyediakan beratus cangkir kopi sehingga menambah rasa nyaman dan betah untuk duduk berlama-lama di tempat workshop. 
Penulis 
Dev. Mulani
Reactions

Post a Comment

0 Comments