Pembiasaan Berbahasa Inggeris di Kelas (Bagian I)

Expression in the Classroom part I
by. Dev. Mulani

A. Greeting (Sapa Salam)
1.      Teacher      : “Good morning my students/class”
                             : “Selamat pagi murid-murid”
      You             : “Good morning sir …”
                              : Pagi pak …
Teacher       : “How are you to day? / How’s everything with you?
                        : Bagaimana kabarnya pagi ini?
Together     : “Alahamdulillah, we are fine, thanks, how about you sir?
Sama2            : Alhamdullillah, kami baik/sehat, bagaimana dengan bapak?
Alone         : “Alhamdulillah, I am fine, thanks and you sir? / how about you sir?
Sendirian       : Alahamdulillah, saya sehat pak, bapak sendiri?
Teacher      : Alhamdulillah / all praise be to Allah, I am fine too”
Guru              : Alhamdulillah, saya juga sehat”
Teacher      : “How do you fell to day? 
                        : Bagaimana perasaan kalian hari ini?
You            : “We are happy sir”
Kamu         : Kami senang pak
Sendiri           : I am happy sir (jawaban sesuaikan dengan keadaanmu) contoh: I am Sad sir (saya tidak enak badan pak) I am hungry sir (saya lapar pak) dan sebagainya.
Teacher      : “Who is absent today?”
                    “Siapa yang tidak hadir?
                  : “Any one absent to day?”
                  : Ada yang tidak hadir hari ini?
You           :”Yes, there’s sir / no, there’s not sir / no one Sir"
                    Ada pak / tidak ada pak (sesuaikan jawabannya)
Teacher      : “Who is that?” Who is he/she?
                     Siapa?
You           : He is Tarman sir / She is Tijem sir
                    Tarman pak / Tijem (sesuaikan jawabannya)
Teacher       : Is he sick? / Is she sick?
                          Dia (Laki2)  sakit? / dia (Pr) sakit?
You               : No, he’s not    / No, she’s not
                         Tidak pak
                        He/She is sick sir 
                        Dia sakit pak
                        (sesuaikan jawabannya)
Dan lain  sebagainya …
B. Instructions / Perintah
Teacher:
 a. Clean the whiteboard, please!
     Tolong bersihkan papan tulis!
 b. Open your book and say bismillah!                        
     Buka buku dan ucapkan bissmillah!
 c. Close your book & say Alhamdulillah!
     Tutup buku dan ucapkan Alhamdulillah!
 d. Clear up your book, pen and others!
     Rapikan, buku, bolpen dan yang lainnya!
Dan lain  sebagainya …
C. Asking a Question / Bertanya

Kamu :
a. Excuse me, I don’t understand about that / this sir?
     Maaf pak, saya tidak paham yang itu / yang ini?
b. Is that / this true sir?
    Yang itu / yang ini benar pak?
c. Like this sir?
    Begini pak? / seperti ini pak?
d. like that pak?
    Seperti itu pak?
e. How is it sir?
    Bagaimana sih pak? Gimana ini pak?
f.  Excuse me, may I ask sir?
     Maaf, boleh saya bertanya pak?
Dan lain sebagainya …
Guru :
a. Have you finished?
    Sudah selesai?
    Jawab : Yes sir (sudah) / not yet sir  (belum)
b. Any question?
    Ada pertanyaan?
    Jawab :No Sir, thank you/ Nothing sir (tidak ada pak)
D. Asking permission
Kamu:
a. Excuse me, may I come out, I am going to /gonna go to toilet?
     Maaf pak, boleh saya keluar, saya mau ke toilet?
b. Excuse me sir, may I come out, I am going to buy pencil?
     Maaf pak, boleh saya keluar, saya mau beli pensil?
  1. May I close my book sir? Boleh saya tutup buku saya pak?
  2. May I drink sir? I am thirsty sir? Boleh saya mium pak, saya haus …?
  3. Could you give me example sir?
    Mohon, berikan saya contoh pak?
Dan lain sebagainya …

E. Closing / Penutup
Kamu :
  1. Say thanks to our teacher!
Ucapkan terimakasih pada guru!
  1. Before we go home let us / let’s pray together, begin!
Sebelum pulang mari kita memebaca doa di dalam hati, mulai!

      Dan lain sebagainya …
Reactions

Post a Comment

0 Comments